ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL

Authors

  • Rihhadatul Nabilah Universitas Muhammadiyah Palembang Author
  • Meilyana Winda Perdana Universitas Muhammadiyah Palembang Author
  • Dedi Haryanto Universitas Muhammadiyah Palembang Author

Keywords:

Analisis, Sistem Informasi, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang, WebQual

Abstract

Abstrak berbahasa Indonesia yang berisikan dari hasil penelitian ya terdiri dari tujuan, manfaat, objek penelitian, metode penelitian serta hasil dan menfaat penelitiansecara singkat, padat, da Dalam penelitian ini dilakukan kegiatan evaluasi sistem informasi perpustakaan,yang didalamnya dilakukan evaluasi apakah sistem informasi   perpustakaan yang digunakan dapat memenuhi kebutuhan penggunanya, yaitu. Beberapa lembaga atau lembaga pendidikan menggunakan sistem informasi, misalnya meningkatkan kegiatan dan layanan perpustakaan. Berdasarkan penjelasan ini maka Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kepuasan terhadap pelayanan perpustakaan universitas ilmu terapan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pelayanan. Metode WebQual dapat menggunakan berbagai alat pengukuran, seperti kuesioner, wawancara, atau observasi langsung untuk mengumpulkan data. Berdasarkan pengolahan data smart pls didapatkan hasil rata-rata Information Quality (XI) dengan nilai 3,97, Service Interaction Quality (XS) 3,98 dan Usability Quality (XU) dengan nilai rata-rata 4. Ditemukan pengaruh signifikan antara kualitas informasi terhadap tingkat kepuasaan sistem informasi perpustakaan di Universitas Muhammadiyah Palembang. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan pandangan yang komprehensif tentang kualitas kepuasan sistem informasi Universitas Muhammadiyah Palembang dan membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan kepuasan pengguna dengan metode WebQual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.

N. Junaedi, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 2, p. 59, 2018, doi: 10.25273/research.v1i02.3364.

S. Suwanti, A. Yudhana, and H. Herman, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Teknol. dan Inf., vol. 12, no. 2, pp. 149–161, 2022, doi: 10.34010/jati.v12i2.7581.

K. S. H. Kusuma Al Atros, A. R. Padri, O. Nurdiawan, A. Faqih, and S. Anwar, “Model Klasifikasi Analisis Kepuasan Pengguna Perpustakaan Online Menggunakan K-Means dan Decission Tree,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, p. 323, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3680.

A. Supriyatna, “Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework,” Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 43–52, 2015.

L. Nulhakim, N. Azizah, and M. T. Ajija, “Sistem Informasi Monitoring Inventory Dengan Analisa PIECES Pada PT Care Spundbond,” Sensitek, vol. 1, no. 1, pp. 480–485, 2018.

D. S. Nurulia Dwi, “Analisis Sistem Informasi Inovasi PSC (Public Safety Center) 119 dengan Metode Pieces di Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali,” Pros. - Semnas Call Pap., vol. 01, no. 2, pp. 6–11, 2019.

R. N. Rachmadita and W. Arninputranto, “Analisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan di perguruan tinggi vokasi dengan metode servqual dan importance-performace analysis,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 2, p. 214, 2018, doi: 10.22146/bip.32602.

A. Fanani et al., “ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI METODE SERVQUAL TERINTEGRASI DENGAN IGA Jejak Artikel E -ISSN : 2746-0835 Volume 2 No 2 Perguruan tinggi adalah kelanjutan pend,” vol. 2, no. 2, pp. 175–185, 2021.

H. Mujiati, “Jurnal Bianglala Informatika Vol 3 No 2 September 2015 – http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal,” vol. 3, no. 2, pp. 10–18, 2015.

I. Pelham, “Erd2,” Secret. Pathw., vol. 5, pp. 135–135, 2023, doi: 10.1093/oso/9780198599425.003.0085.

W. Arini, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau,” Sci. Phys. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 23–38, 2017, doi: 10.31539/spej.v1i1.41.

C. Nimas Maharani, D. Darwis, N. Penulis, K. : Dedi, and D. Submitted, “Analisis Perbandingan Kualitas Perangkat Lunak Pada Website Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Webqual, Apache J-Meter, Dan Web Server Stress Tool,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 34–41, 2023.

A. Novitasari and T. Sutabri, “Analisis Kualitas Layanan Website Bkpsdm Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual,” vol. 1, no. 2, pp. 88–94, 2023.

Fitriana, “berasal dari bahasa Latin,” Remaja, vol. 2005, pp. 9–34, 2017.

O. A. Ruslinda Agustina, Rara Gustina, “Akuntansi Pada Pt Indomarco Prismatama Cabang,” vol. 14, no. 1, 2021.

A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., vol. 4, no. 1, p. 477, 2017, doi: 10.25124/jett.v4i1.994.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL. (2024). Jurnal Ilmu Komputer Teknologi Terapan, 1(1), 10-23. https://journal.amanahdigital.or.id/index.php/jiktt/article/view/2